Indra penciuman






nah.. semuanya pasti tau apa itu alat indra kan? bukan idra wibowo loh -__- tapi indra yang ada di tubuh kita. salah satunya adalah Indra pembau pada manusia, indra pembau adalah hidung. Hidung adakah alat indra yang menanggapi rangsangan berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat sertabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus(siliaoifaktor).


1.Proses Membau
            
Kita dapat membau suatu zat karena yang berupa uap tersebut masuk kerongga hidung sewktu kita menarik nafas. Zat tersebut akan dilarutkan pada selaput lendir,dan merangsangkan sel-sel reseptor,kemudian dibawa oleh saraf pembau ke otak sehingga kita dapat mengetahui bau tersebut.

2.Gangguan Pada Hidung

            
Gangguan pada hidung biasa disebabkan oleh radang atau sakit pilek yang menghasilkan lendir atau ingus sehingga menghalangi bau mencapai ujung saraf pembau. Gangguan lain juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran pada hidung, dan bulu hidung yang terlalu banyak. Kita harus selalu membersihkan hidung dari kotoran,dan merapikan bulu-bulunya supaya penciuman kita tidak terganggu.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Note:

Please do leave a comment.. and don't forget to join :D

Friends