Contoh Pidato





Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang maha Esa. Karna berkat rahmat dan karunianya lah, kita semua dapat berkumpul disini untuk mendengar pidato tentang ”Bahaya Residu Antibiotik”. Bapak dan ibu guru yang saya hormati, beserta teman teman yang saya cintai.
            Kita semua pasti pernah memakan daging hewan ternak, entah itu sapi, kambing atau mungkin ayam. Nah.. permasalahnnya adalah, banyak konsumen yang tidak tau bahwa ada yang dinamakan residu antibotik pada ternak yang diakibatkan oleh penggunaan antibiotik berlebihan pada pakan ternak. Mungkin penggunaan antibiotik pada para petani dapat membawa keuntungan yang menjanjikan, karena si ternak itu sendiri akan tumbuh lebih gemuk. Namun jika digunakan secara berlebihan antibiotik justru akan membawa dampak buruk pada konsumen. Jika manusia memakan daging ternak yang sudah teresidu dengan antibiotik, maka akan menyebabkan efek karsinogenik yang dapat memicu kangker.
            Ada beberapa cara untuk membedakan mana daging ternak yang aman untuk dikonsumsi dan mana yang tidak secara kasat mata, Daging hewan yang sudah teresidu dengan antibiotik memiliki warna kekuning-kuningan, serat lebih kendor, lemak lebih banyak serta aroma agak amis. Sedangkan daging ternak yang aman tampak lebih ramping, warna putih segar mengkilat, serat lebih padat, lemak lebih sedikit dan beraroma segar.
Sebagai konsumen cerdas, kita harus berhati hati dalam memilih daging ternak untuk diolah, karena dapat berdampak pada kesehatan kita sendiri. Selektif dalam memilih daging ternak yang aman dapat menjauhkan kita dari segala macam penyakit yang tidak diinginkan.
Terakhir.. ada pepatah dulu yang berkata bahwa penyesalan selalu datang di belakang. Jadi marilah kita menjadi konsumen cerdas dari sekarang untuk masa depan kita esok hari. Terimakasih atas perhatian bapak ibu dan teman teman sekalian, saya mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan di hati saudara. Akhir kata,

wabilahi taufik walhidayah….

Wasalamu’alaikum Wr. Wb









Tidak ada komentar

Leave a Reply

Note:

Please do leave a comment.. and don't forget to join :D

Friends