ALAT INDRA PENGLIHATAN



         Manusia sebagai salah satu anggota kelas mamalia yang  mempunyai lima macam indra,yaitu indra penglihatan,indra pendengaran,indra pembau,indra pengecap,dan indra peraba. Indra merupakan”jendela”bagi tubuh untuk mengenal dunia luar sekitar kita.

a. indra penglihatan


            Indra penglihatan manusia berupa mata. Mata berfungsi untuk menerima rangsangan berupa cahaya, karena didalamnya terdapat reseptor penerima cahaya yang disebut fotoreseptor.

1.Bagian-Bagian Pokok Pada Mata
            
a) Kornea,depan mata yang menonjol,dan tembus cahaya(transparan). Kornea berfungsi membantu memfokuskan bayangan benda pada retina.
            
b) Pupil,terletak teoat dibelakang kornea bagian tengah.Pupil berfungsi mengatur masuknya cahaya pada mata. Disekitar pupil terdapat daerah yang mengandung pigmen dinamakan iris.
            
c) Lensa mata,terletak dibagian belakang pupil yang berbentuk cembung atau cekung. Lensa didukung oleh otot disebut muskulus siliaris(otot daging melingkar). Apabila otot ini mengalami kontraksi akan terjadi perubahan ukuran lensa.Perubahan ukuran lensa ini disebut daya akomodasi mata.

d) Retina,lapisan mata yang terdalam,sangat kompleks,dan lunak. Pada bagian dalam retina terdapat beberapa lapisan sel yaitu reseptor, ganglia,dan serabut saraf. Pada retina juga ada satu titik atau bintik yang tidak mempunyai sel-selbatang maupun konus disebut bintik buta.

2.Pelindung Mata
            Mata terletak didalam rongga mata yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. Selain itu mata juga dilindungi oleh bagian-bagian berikut ini :

a)    Kelopak mata, berupa kulit tipis yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau sentuhan benda.
b)    Bulu mata, untuk melindungi mata dari cahaya yang terlalu menyilaukan.
c)     Alis, untuk melindungi mata dari aliran keringat dan air hujan
d)    Air mata yang dihasilkan oleh kelenjar mata, untuk menjaga kelembapan mata, dan membersihkan mata daridebu, dan bakteri.

3.Proses Melihat Benda
            Suatu benda dapat dilihat oleh mata,bila benda tersebut memantulkan cahaya. Cahaya yang dipantulkan oleh benda masukn ke mata melalui kornea dan diteruskan ke lensa melalui pupil. Oleh lensa,cahaya tersebut dibiaskan,dan difokuskan ke retina sehingga membentuk bayangan kecil,dan terbalik pada retina. Tetapi oleh otak bayangan tersebut diartikan seperti gambar yang kita lihat.

4.Gangguan pada Mata
            
a) Miopi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh di depan retina. Miopi juga disebut rabun jauh.Untuk membantu penderita miopi,sebaiknya memakai kacamata berlensa cekung (negative)
           
b) Hipermiopi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlau pipih sehingga bayangan jatuh dibelakang retina. Hipermiopi juga disebut rabun dekat. Untuk membantu penderita hipermiopi,dipakai kacamata lensa cembung (positive).
           
c) Persbiopi adalah cacat mata yang disebabakan lensa mata terlalu pipih dan daya akomodasi mata nsudah lemah sehingga tidak dapat memfokuskan bayangan yanmg berada dekat dengan mata. Gangguan mata seperti ini itu perlu dibantudengan kacamata berlensa rangkap.
          
d) Astigmatisma adalah cacat mata yang disebabkan kecembungan kornea tidak rata sehingga sinar sejajar yang datang tidak dapat difokuskan ke satu titik. Untuk membantu penderita astigmatisma dipakai kacamata silinder.
         
e) Rabun senja adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang berada tempat remang-remang, dan di malam hari.
       
f) Buta warna adalah ketidakmampuan mata untuk membedakan warna. Penyakit ini bersifat menurun.
          
g) Katarak adalah gangguan mata yang disebabkan lensa mata keruh sehingga menghalangi masuknya cahaya pada retina.
         
h) Juling adalah kelainan mata yang disebabkan oleh ketidakserasian otot-otot mata.




Tidak ada komentar

Leave a Reply

Note:

Please do leave a comment.. and don't forget to join :D

Friends